10 Hewan Yang Memiliki Pendengaran Yang Tajam

Sama sekali tak ada di dunia ini yang bisa menyamai kecerdasan manusia. Hewan juga memiliki kekuatan yang tak tertandingi. Misalnya, ekolokasi yang digunakan oleh lumba-lumba. Modus pendengaran canggih ini bahkan lebih efisien daripada alat buatan manusia. Tidak hanya lumba-lumba, ada banyak hewan lain dengan pendengaran yang luar biasa seperti itu. Lihat daftar 10 Hewan Yang Memiliki Pendengaran Yang Tajam dan luar biasa ini.

10. Burung Merpati
 
Burung Merpati
Merpati
Merpati begitu terkenal karena sifat damai dan kelucuan mereka. Terlepas dari hal-hal yang jelas ini, mereka juga memiliki bakat luar biasa lainnya. Di antara mereka, yang paling mengejutkan adalah indera pendengaran mereka yang hebat. Ya, burung menakjubkan ini dapat mendengar frekuensi rendah infrasonik (kurang dari 20 Hz).

Suara-suara dalam kisaran ini di bawah dari yang dapat didengar manusia. Di mana merpati dapat mendeteksi bahkan suara serendah 0,5. Pendengaran sensitif ini memungkinkan merpati dapat mendeteksi badai yang jauh dan letusan gunung berapi.

9. Gajah
Gajah
Gajah
Seperti yang Anda bayangkan telinga besar gajah memainkan peran besar dalam menyalurkan gelombang suara. Telinga mereka juga dapat mendeteksi gelombang suara frekuensi rendah yang tidak dapat dirasakan oleh telinga manusia. Perasaan pendengaran yang tajam ini juga membantu dalam komunikasi jarak jauh.

8. Kuda
Kuda
Kuda
Anda mungkin telah melihat beberapa perilaku aneh dari kuda saat menunggang kuda. Misalnya, tiba-tiba berhenti berlari dan ragu untuk bergerak lagi seperti dia menemukan sesuatu yang tidak biasa. Mungkin karena dia mendengar sesuatu yang tidak bisa Anda lakukan. Ya, kuda memiliki telinga yang lebih sensitif daripada telinga kita.

Kuda memiliki sepuluh otot berbeda di masing-masing telinga mereka. Otot-otot ini membiarkan kuda memutar telinga mereka 180 derajat. Itu membuat kuda cepat berkonsentrasi pada suara. Jangkauan dengar frekuensi rendah sampai tinggi juga memungkinkan mereka menentukan sumber suara.

7. Tikus
Tikus
Tikus
Rasa pendengaran hewan pengerat kecil ini jauh lebih kuat dari kita. Mereka dapat mendeteksi bahkan jangkauan ultrasound, yang telinga manusia tidak bisa rasakan. Tikus juga bisa memfokuskan telinga mereka ke arah dari mana suara itu berasal.

Pada beberapa spesies, spesies albino dapat menyebabkan kerusakan pendengaran. Pada tikus, kondisi ini dapat mempengaruhi penglihatan dan indera penciuman, tetapi pendengaran mereka tetap tidak terpengaruh.

6. Anjing
Anjing
Anjing
Anda tahu anjing Anda dapat mendengar lebih baik daripada Anda. Apa kamu tau bagaimana caranya? Pertama-tama, jika Anda membandingkan pendengaran anjing Anda hampir empat kali lebih baik dari Anda. Pendengaran anjing yang luar biasa ini adalah bahan bakar oleh beberapa faktor. Pertama, frekuensi pendengaran anjing hampir dua kali lipat dari manusia.

Juga, setiap telinga anjing terdiri dari 18 otot yang berbeda di mana manusia hanya memiliki tiga. Telinga ini membiarkan anjing mengangkat, memutar atau memiringkan telinga. Jadi, mereka dapat dengan cepat menunjukkan telinga mereka ke arah dari mana suara berasal.

5. Kucing
Kucing
Kucing
Kucing memiliki indera pendengaran yang mengesankan. Khusus untuk suara bernada tinggi. Faktanya, jangkauan suara bernada tinggi mereka lebih tinggi daripada suara anjing. Kucing juga memiliki 32 otot di masing-masing telinga mereka. Hal ini memungkinkan gerakan telinga lebih mudah ke belakang dan ke depan.

Selain itu, kucing dapat memutar telinga mereka 180 derajat secara mandiri. Jadi, dibandingkan dengan manusia, mencari tahu sumber suara jauh lebih mudah untuk kucing.

4. Lumba-lumba
Lumba-lumba
Lumba-lumba
Meskipun telinga eksternal kecil, lumba-lumba dapat meneruskan suara ke telinga tengah melalui rahang bawahnya. Sistem korteks pendengaran di otak mereka jauh lebih maju daripada manusia. Jadi, pemrosesan suara jauh lebih cepat dari kita. Frekuensi pendengaran lumba-lumba juga jauh lebih luas daripada manusia.

Terlepas dari semua lumba-lumba ini menggunakan echolocation canggih. Mereka mengirim gelombang suara dan memproses gelombang yang memantul kembali, yang memungkinkan mereka mengidentifikasi apa yang ada di depan. Bukan hanya lokasi objeknya pun ukuran dan bentuknya.

3. Burung Hantu
Burung Hantu
Burung Hantu
Sebagai makhluk nokturnal, burung hantu memiliki pendengaran yang kuat dan penglihatan yang sangat baik. Bahkan dalam cahaya rendah mereka bisa merasakan gerakan mangsa di tanah dan menangkapnya. Kredit masuk ke penempatan asimetris dari telinga burung hantu yang sensitif ini.

Ya, satu telinga diposisikan sedikit lebih tinggi, dan yang berikutnya diposisikan sedikit ke depan daripada yang lain. Asimetri ini membantu penentuan cepat arah dan sumber suara.

2. Kelelawar
Kelelawar
Kelelawar
Kelelawar adalah hewan malam yang hanya aktif di malam hari. Tapi penglihatan mata mereka mengerikan. Jadi, bagaimana mereka berhasil terbang dan menemukan mangsa? Menggunakan sistem pendengaran dan ekolokasi yang luar biasa. Pada kenyataannya, kelelawar memiliki pendengaran paling sensitif di keluarga mamalia.

Saat kelelawar terbang di malam hari, mereka mengirimkan serangkaian panggilan. Tepatnya ultrasound. Kemudian, mereka memproses gema kembali menggunakan telinga sensitif mereka. Sel yang sangat terkonsentrasi namun efisien di telinga kelelawar membuat interpretasi yang terperinci. Ini membantu dalam mengidentifikasi lokasi dan ukuran objek yang jauh.

1. Ngengat/Kaper
 
Ngengat Kaper
Ngengat Kaper
Kelelawar dapat dianggap sebagai raja pendengaran ekstrim. Tapi, telah ditemukan bahwa ngengat beradaptasi dengan baik untuk keluar dari echolocation canggih mereka - ngengat lilin yang lebih besar. Ditemukan di sebagian besar dunia, ngengat ini dapat mendengar suara hingga frekuensi 300 kHz. Tidak ada hewan lain di dunia yang diketahui memiliki tingkat pendengaran yang lebih tinggi sampai sekarang.

Manusia hanya bisa mendengar suara hingga frekuensi 20kHz. Tingkat pendengaran yang luar biasa ini membantu ngengat lilin yang lebih besar untuk menghindari pemangsaan oleh kelelawar, yang merupakan salah satu pengguna suara paling canggih.

0 Response to "10 Hewan Yang Memiliki Pendengaran Yang Tajam"

Post a Comment

Berkomentar dengan jelas dan tidak menyangkut paut SARA.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel