10 Spesies Hewan Tertua Di Bumi

Evolusi hewan hanya dapat tergantung pada kondisi lingkungan di Bumi. Ketika menggali sejarah Bumi, kita dapat melihat beberapa spesies hewan berhasil berkembang pada rentang waktu geologis Bumi yang berbeda, yang dikembangkan sebelum jutaan tahun yang lalu. Berikut daftar 10 spesies hewan tertua di Bumi yang akan di ulas Blog Ngonline.

10. Martialis Heureka - berusia 120 juta tahun
Martialis-heureka
Martialis adalah spesies semut tertua yang ditemukan dari hutan hujan Amazon. Kata Martialis huereka berarti 'semut dari Mars,' karena spesies ini memiliki perilaku yang berbeda dari spesies semut lainnya yang berada di bumi. Diperkirakan spesies semut jenis ini telah berevolusi di Bumi 120 juta tahun yang lalu.

Martialis Huereka memiliki warna pucat, panjang 3 milimeter dan tidak memiliki mata. Mereka dulu hidup di tanah. Penemuan Martialis Huereka membantu ahli biologi untuk melakukan studi mendalam tentang spesies semut lainnya.

9. Frilled Shark - berusia 150 juta tahun
Frilled Shark
Spesies hiu berjumbai yang ditemukan di Tokyo, Jepang pada 2007. Hiu berjumbai dianggap sebagai 'fosil hidup', muncul di Bumi 150 juta tahun yang lalu. Hiu berjumbai panjang 5 kaki ini memiliki 300 gigi berbentuk trisula di atas 25 baris. Mulut yang tampak aneh dari hiu tampak jauh lebih besar daripada spesies hiu lainnya.

Hati yang kaya akan hidrokarbon dan tubuh berminyak itu sendiri membantu hiu berjumbai tumbuh di kedalaman laut. Hiu frilled juga memiliki kekuatan menyerang mendadak untuk mangsanya. Hiu frilled juga sangat langka di dunia. Polusi yang berlebihan dan perubahan suhu laut adalah faktor utama yang menyebabkan kelangkaan hiu berjumbai.

8. Udang Horseshoe - berusia 200 juta tahun
horseshoe-shrimp
Udang Horseshoe berevolusi di Bumi pada saat yang sama dengan Dinosaurus berevolusi, sekitar 200 juta tahun yang lalu. Udang Horseshoe berukuran kecil (panjangnya 2 hingga 4 milimeter). Kekuatan untuk bertahan hidup dalam segala kondisi cuaca dan variasi geologis adalah kualitas utama Udang Horseshoe.

Setelah genangan udang tapal kuda mengering telurnya, tetap tidak aktif selama bertahun-tahun. Ilmuwan menemukan spesies laut yang luar biasa ini pada tahun 1955. Para peneliti juga berhasil menemukan pertumbuhan udang tapal kuda dengan membasahi kembali telur yang telah berumur beberapa tahun.

7. Sturgeon - berusia 200 juta tahun
sturgeon
Sturgeon adalah anggota tertua dari keluarga ikan bertulang. Mereka berevolusi di dunia 200 juta tahun yang lalu. Sturgeons tinggal di Eurasia dan Amerika Utara. Sturgeon juga merupakan ikan air tawar terbesar di Amerika Utara. Selama musim dingin mereka bermigrasi ke tempat yang jauh.

Sturgeon memiliki panjang hingga 5,5 kaki dan berat antara 600 kg hingga 200 kg. Sayangnya sekarang sturgeon ada dalam daftar spesies yang terancam punah. Sturgeon bertelur dalam jumlah besar sekaligus. Tetapi manusia memanen telur sturgeon dengan kecepatan tinggi dan itu adalah ancaman utama bagi makhluk laut dalam.

6. Coelacanth - berusia 360 juta tahun
coelacath
Coelacanaths adalah salah satu spesies ikan yang terancam punah yang berevolusi sekitar 360 juta tahun yang lalu. Ada dua jenis coelacanath di dunia. Mereka umumnya tinggal di garis pantai Afrika dan Indonesia. Coleanath memiliki panjang 6,5 kaki dan berat hingga 90 kg.

Coelacanaths hidup di kedalaman 2.300 kaki dari permukaan. Mereka memiliki masa hidup 60 tahun. Coelacanath bergerak seperti kuda yang berlari. Kaki-kaki seperti sirip lobus membantu ikan membuat gerakan yang begitu unik. Organ elektro sensorik membantu Coelacanath untuk dengan mudah mendeteksi mangsa di laut. Coelacanaths juga memiliki kekuatan untuk melebarkan mulut mereka untuk menangkap mangsa besar.

5. Kepiting Horseshoe Belangkas - berusia 445 juta tahun
horseshoe-crab
Kepiting tapal kuda berasal dari Bumi sebelum 445 juta tahun yang lalu. Mereka hidup di perairan laut dangkal di seluruh dunia. Kepiting tapal kuda memiliki exoskelton keras, ekor panjang dan duri. Mereka memiliki sembilan mata total, ditemukan di seluruh tubuh. Dari sembilan dua mata besar terutama digunakan oleh kepiting tapal kuda dan lainnya adalah reseptor cahaya untuk mengontrol gerakan. Mereka juga dapat merasakan sinar ultra violet.

4. Nautilus - berusia 500 juta tahun
Nautilus
Nautilus adalah moluska laut yang berasal 500 juta tahun yang lalu. Itu jauh sebelum Dinosaurus berkeliaran di Bumi. Diperkirakan Nautilus adalah satu-satunya anggota kelompok kerang yang masih hidup. Nautilus ditemukan di perairan tropis Andaman, Fiji dan Great Barrier Reef, hidup di bawah kedalaman 2.200 kaki laut. Nautilus juga digambarkan sebagai fosil hidup.

Tubuh Nautilus memiliki banyak cangkang kerang. Kerang ini membuatnya tampak seperti gurita. Mulut Nautilus dikelilingi oleh 100 tentakel dan memiliki tudung berotot pada kerang. Ini akan membantu nautilus untuk melawan predator.

3. Ubur-ubur - berusia 550 juta tahun
Ubur-ubur - berusia 550 juta tahun
Ubur-ubur
Payung seperti ubur-ubur kepala dapat ditemukan di setiap lautan di dunia. Ubur-ubur adalah hewan multi-organ tertua di dunia. Evolusi di lautan dunia 550 juta tahun yang lalu. Mereka tidak memiliki otak dan sistem saraf.

Ubur-ubur ditemukan dalam berbagai bentuk dan warna. 90 persen tubuhnya mengandung air. Mereka juga dikenal karena memakan jeli lainnya. Ubur-ubur kotak dari keluarga adalah spesies yang paling berbisa di Bumi. Tentakel mereka memiliki lebih dari 5000 sel menyengat.

2. Spons - berusia 580 juta tahun
Spons - berusia 580 juta tahun
Spons
Spons adalah jenis khusus hewan laut yang terlihat seperti tanaman. Mereka muncul di lautan dunia sebelum 580 juta tahun yang lalu. Ada 5000 spesies spons yang berbeda di dunia. Mereka hidup di koloni di kedalaman samudera yang berbeda.

Spons tidak memiliki organ internal, lengan atau kepala. Mereka memiliki kekuatan khusus untuk mengembalikan bagian tubuh yang hilang dan spons baru akan tumbuh dari yang lama. Tubuh spons mengandung banyak kanal, menjadi tempat berlindung bagi banyak spesies hewan air kecil.

1. Cyanobacteria - 2,8 miliar tahun
Cyanobacteria - 2,8 miliar tahun
Cyanobacteria
Cyanobacterias adalah sistem kehidupan tertua yang diketahui di dunia. Mereka berasal 2,8 miliar tahun yang lalu dan mikroba pertama yang menghasilkan oksigen melalui fotosintesis. Dengan cara itu mereka menjadi bagian dari mengubah atmosfer Bumi menjadi yang teroksidasi. Cyanobacterias juga dikenal sebagai bakteri petunjuk hijau. Sianobakteri uniseluler bereproduksi melalui mikrofisi.

0 Response to "10 Spesies Hewan Tertua Di Bumi"

Post a Comment

Berkomentar dengan jelas dan tidak menyangkut paut SARA.

Iklan Atas Artikel