Uang Elektronik, Apa Keuntungan Menggunakannya?
Kamis, 22 Februari 2018 08:42 WIB

Bank Indonesia mulai mengkampanyekan tentang penggunaan uang elektronik dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu tujuan yang ingin diraih adalah 'kebebasan keuangan'. Artinya, agar semakin banyak masyarakat yang dapat mengakses layanan keuangan dari perbankan. Selain itu agar layanan perbankan juga dapat memperluas jaringannya tanpa harus membangun outlet fisik seperti kantor cabang pembantu, layanan mikro, dan sebagainya.

Keberadaan uang elektronik diharapkan akan mendorong terwujudnya cashless society atau masyarakat dapat menjalankan ekonominya tanpa harus menggunakan uang fisik atau kontan (baik kertas maupun logam) untuk melakukan berbagai macam transaksi atau pembayaran.

Uang elektronik dibedakan menjadi dua jenis menurut sistem pembayarannya, yaitu kartu kredit dan kartu prabayar. Teknologi kartu kredit memungkinkan penggunanya mendapat sejumlah uang dengan cara berhutang pada pihak bank tanpa perlu mengajukan permintaan peminjaman di setiap transaksi. Sedangkan kartu prabayar adalah kartu yang memungkinkan Anda untuk membawa uang dalam bentuk digital yang mana nominalnya telah Anda masukkan terlebih dahulu sebelumnya atau sering juga disebut sistem pulsa. Dengan kata lain, kartu kredit membawa uang yang akan Anda pinjam pada bank, sedangkan kartu prabayar adalah uang yang Anda miliki dalam bentuk digital.

Keunggulan uang elektronik adalah kita akan tidak perlu repot membawa uang kontan ke mana-mana. Sebab nominal sekecil apapun akan tetap tercatat dalam kartu tersebut. Kemudian dari aspek keamanan, kartu kredit memang lebih berisiko daripada kartu prabayar. apabila pemilik kehilangan, kartu kredit dapat digunakan oleh siapapun untuk bertransaksi di mana saja. Untuk mencegah pembengkakan utang yang tidak dikehendaki, pemilik kartu wajib melaporkan dan memblokir kartu kredit atas namanya. Berbeda dengan kartu prabayar, maksimal nominal yang dapat disimpan adalah sebesar Rp1 juta. Jadi kerugian yang didapat dari kehilangan kartu prabayar tidak akan sebesar kerugian yang didapat ketika kehilangan kartu kredit.


Share :        
Blog Populer